STIKES AL INSYIRAH PEKANBARU

PROGRAM STUDI S1 KEsehatan masyarakat
Pimpinan Program Studi
Ketua Program Studi         : Eva Mayasari, M.Kes
Sekretaris ProgramStudi   : Riska Epina Hayu, MPH
Visi

Program Studi yang Unggul, Profesional, Berkarakter, dan berdayaguna dalam bidang kesehatan masyarakat secara global

 

Misi
  • Meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pendidikan di bidang kesehatan masyarakat secara profesional.

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis teknologi yang terintegrasi pada pencapaian kompetensi lulusan.

  • Melaksanakan penelitian secara konsisten dan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan IPTEK.

  • Melaksanakan pengabdian masyarakat secara inovatif dan aplikatif melalui community empowermentdalam pengembangan dan peningkatan IPTEK.

  • Mengembangkan jaringan kerjasama dalam bidang tri dharma perguruan dan pendayagunaan lulusan secara global.

Tujuan
  1. Terselenggaranya tata kelola pendidikan yang credible, transparan, akuntable, bertanggungjawab, dan adil

  2. Terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan berkelanjutan serta terintegrasi pada pencapaian kompetensi lulusan.

  3. Menghasilkan kegiatan penelitian secara konsiten dan berkesinambunganssesuai perkembangan IPTEK dan upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

  4. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat secara konsiten dan inovatif dan aplikatif melalui community empowerment dalam pengembangan dan peningkatan IPTEK serta dan upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Kurikulum

Menuju Era Sustainable Development Goals (SDG’s)yang difokuskan pada sistem ekonomi, sumberdaya alam dan lingkungan serta perhatian dalam bidang sosial. Hal ini tidak terlepas juga dalam bidang pendidikan terutama pendidikan dibidang kesehatan. Program studi S1 Kesehatan Masyarakat mempersiapkan lulusan yang mampu bersaing dalam menghadapi tantangan tersebut. untuk itu dibutuhkan rumusan pendidikan yang tertuang dlam dokumen kurikulum.

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Berdasarkan hal tersebut maka Rapat kerja Nasional Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) dan Musyawarah Kerja Nasional Ikatan Ahli kesehatan Masyarakat Indonesia (Mukernas IAKMI), maka di rumuskan kurikulum standar nasional yang menjadi acuan dalam merumuskan kurikulum di setiap perguruan tinggi kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia.

SKS

Jumlah sks Program Studi S1 Kesehatan Masyrakat sebesar 145  yang ditempuh dalam 8 (delapan)semester. Satuan Kredit Semester (SKS) adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 1 (satu) jam perkuliahan atau 2 (dua) jam praktikum, atau 4 (empat) jam kerja lapangan, yang masing-masing diiringi oleh sekitar 1-2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1-2 jam kegiatan mandiri. Satuan Kredit Semester (SKS) di prodi S1 Kesehatan Masyarakat tersusun sebagai berikut :

 

Riski Novera Yenita, MKL

Dosen

Rika Mianna, M.Kes

Dosen

Jufenti Ade Fitri, M.Kes

Dosen

Eva Mayasari, M.Kes

Dosen

Riska Epina Hayu, SKM, MPH

Dosen

Rendi Randika, SE, MM

Dosen

Nofri Hasrianto, S.Kom, M.Kes

Dosen